•  
  • Selamat Datang Di Website Politeknik Trisila Dharma Tegal
Senin, 23 Maret 2020 - 00:27:56 WIB
KIAT-KIAT YANG DILAKUKAN SELAMA SOCIAL DISTANCING, KARANTINA, ISOLASI SELAMA WABAH PENYAKIT MENULAR
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita - Dibaca: 251 kali

Apa itu Social Distancing  ?

Social Distancing adalah cara untuk mencegah orang dari dekat atau cukup sering menyebarkan penyakit menular. Sekolah dan tempat pertemuan lainnya seperti bioskop mungkin ditutup, dan acara olahraga dan layanan keagamaan dapat dibatalkan.

Apa itu Karantina?

Karantina memisahkan dan membatasi perpindahan orang yang telah terkena penyakit menular untuk mengetahui apakah mereka sakit. Itu berlangsung cukup lama untuk memastikan orang tersebut belum tertular penyakit menular.

Apa Isolasi?

Isolasi mencegah penyebaran penyakit menular dengan memisahkan orang yang sakit dan yang tidak. Penyakit ini berlangsung selama penyakit menular.

Pengantar

Jika terjadi wabah penyakit menular, pejabat setempat mungkin meminta masyarakat untuk mengambil tindakan untuk membatasi dan mengendalikan penyebaran penyakit. Tulisan ini memberikan informasi tentang Social Distancing, karantina, dan isolasi. Pemerintah memiliki hak untuk menegakkan hukum yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat jika orang-orang di negara itu jatuh sakit dengan penyakit yang sangat menular yang memiliki potensi untuk berkembang menjadi wabah atau pandemi.

Tulisan ini menjelaskan perasaan dan pikiran yang mungkin Anda miliki selama dan setelah Social Distancing, karantina, dan isolasi. Ini juga menyarankan cara untuk merawat kesehatan perilaku Anda selama pengalaman ini dan menyediakan sumber daya untuk bantuan lebih lanjut.

Apa Yang Diharapkan: Reaksi Umum

Semua orang bereaksi secara berbeda terhadap situasi-situasi yang penuh tekanan seperti wabah penyakit menular yang membutuhkan Social Distancing, karantina, atau isolasi. Orang mungkin merasakan:

Kecemasan, kekhawatiran, atau ketakutan terkait dengan:

  1. Status kesehatan Anda sendiri
  2. Status kesehatan orang lain yang mungkin pernah Anda terkena penyakit ini
  3.  Kekesalan yang mungkin dirasakan teman dan keluarga Anda jika mereka harus pergi ke karantina karena kontak dengan Anda
  4.  Pengalaman memantau diri sendiri, atau dipantau oleh orang lain untuk tanda dan gejala penyakit
  5.  Waktu diambil dari pekerjaan dan potensi hilangnya pendapatan dan keamanan pekerjaan
  6. Tantangan untuk mengamankan barang-barang yang Anda butuhkan, seperti bahan makanan dan barang-barang perawatan pribadi
  7.  Kekhawatiran untuk bisa merawat anak-anak atau orang lain secara efektif dalam perawatan Anda
  8.  Ketidakpastian atau frustrasi tentang berapa lama Anda harus tetap dalam situasi ini, dan ketidakpastian tentang masa depan
  9. Kesendirian terkait dengan perasaan terputus dari dunia dan dari orang yang dicintai
  10. Marah jika Anda pikir Anda terkena ketidaknyamanan karena kelalaian orang lain
  11. Kebosanan dan frustrasi karena Anda mungkin tidak dapat bekerja atau melakukan kegiatan rutin sehari-hari
  12.  Ketidakpastian atau ambivalensi tentang situasi tersebut
  13.  Keinginan untuk menggunakan alkohol atau obat-obatan untuk mengatasinya
  14. Gejala depresi, seperti perasaan putus asa, perubahan selera makan, atau tidur terlalu sedikit atau terlalu banyak
  15.  Gejala-gejala gangguan stres pasca-trauma (PTSD), seperti ingatan yang mengganggu intrusif, kilas balik (menghidupkan kembali peristiwa), mimpi buruk, perubahan pikiran dan suasana hati, dan mudah dikejutkan

Jika Anda atau orang yang dicintai mengalami salah satu dari reaksi ini selama 2 hingga 4 minggu atau lebih, hubungi penyedia layanan kesehatan Anda atau salah satu sumber daya di akhir lembar tulisan ini..

Cara Untuk Mendukung Diri Sendiri Selama Jarak Sosial, Karantina, dan Isolasi

MEMAHAMI RISIKO

Pertimbangkan risiko bahaya nyata bagi diri Anda dan orang lain di sekitar Anda. Persepsi publik tentang risiko selama situasi seperti wabah penyakit menular sering tidak akurat. Liputan media dapat menciptakan kesan bahwa orang-orang berada dalam bahaya langsung ketika risiko infeksi mungkin sangat rendah. Ambil langkah-langkah untuk mendapatkan fakta:

  1. Tetap up to date tentang apa yang terjadi, sambil membatasi ekspos media Anda. Hindari menonton atau mendengarkan laporan berita non stop selama 24jam  karena ini cenderung meningkatkan kecemasan dan kekhawatiran. Ingatlah bahwa anak-anak sangat terpengaruh oleh apa yang mereka dengar dan lihat di televisi.
  2. Carilah sumber yang dapat dipercaya untuk informasi tentang wabah penyakit menular (lihat halaman 3 untuk sumber informasi terkait istirahat yang dapat diandalkan).

JADILAH SARAN UNTUK ANDA SENDIRI

Berbicara tentang kebutuhan Anda sangat penting jika Anda berada di karantina, karena Anda mungkin tidak berada di rumah sakit atau fasilitas lain di mana kebutuhan dasar Anda terpenuhi. Pastikan Anda memiliki apa yang Anda butuhkan untuk merasa aman, aman, dan nyaman.

  1. Bekerja dengan otoritas kesehatan setempat, daerah, atau nasional untuk mencari tahu bagaimana Anda dapat mengatur belanjaan dan perlengkapan mandi untuk dikirim ke rumah Anda sesuai kebutuhan.
  2. Beri tahu penyedia layanan kesehatan atau otoritas kesehatan tentang obat-obatan yang diperlukan dan bekerjalah dengan mereka untuk memastikan bahwa Anda terus menerima obat-obatan tersebut.

PENDIDIKAN DIRI

Penyedia layanan kesehatan dan otoritas kesehatan harus memberikan informasi tentang penyakit, diagnosis, dan perawatannya.

  1. Jangan takut untuk bertanya — komunikasi yang jelas dengan penyedia layanan kesehatan dapat membantu mengurangi kesusahan apa pun yang terkait dengan jarak sosial, karantina, atau isolasi.
  2. Minta informasi tertulis ketika tersedia.
  3. Minta anggota keluarga atau teman untuk mendapatkan informasi jika Anda tidak dapat mengamankan informasi ini sendiri.

BEKERJA DENGAN PEKERJA ANDA UNTUK MENGURANGI STRES KEUANGAN

Jika Anda tidak dapat bekerja selama waktu ini, Anda mungkin mengalami stres terkait dengan status pekerjaan atau situasi keuangan Anda.

  1.  Berikan kepada atasan Anda alasan yang jelas mengapa Anda jauh dari pekerjaan.
  2. Hubungi Dinas Tenaga Kerja untuk berkonsultasi apabila anda sulit untuk menjadaptkan ijin cuti dari atasan Anda.
  3.  Hubungi penyedia utilitas Anda, penyedia kabel dan Internet, dan perusahaan lain dari siapa Anda mendapatkan tagihan bulanan untuk menjelaskan situasi Anda dan meminta pengaturan pembayaran tagihan alternatif sesuai kebutuhan.

HUBUNGI DENGAN ORANG LAIN

Menjangkau orang yang Anda percayai adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi kecemasan, depresi, kesepian, dan kebosanan selama penyimpangan sosial, karantina, dan isolasi. Kamu bisa:

  1. Gunakan telepon, email, pesan teks, dan media sosial untuk terhubung dengan teman, keluarga, dan lainnya.
  2. Bicara "tatap muka" dengan teman dan orang yang dicintai menggunakan Skype atau FaceTime.
  3. Jika disetujui oleh otoritas kesehatan dan penyedia layanan kesehatan Anda, aturlah teman-teman dan orang yang Anda kasihi untuk membawakan Anda koran, film, dan buku.
  4. Mendaftar untuk peringatan darurat melalui teks atau email untuk memastikan Anda mendapatkan pembaruan segera setelah tersedia.
  5. Gunakan Internet, radio, dan televisi untuk mengikuti acara lokal, nasional, dan dunia.

BICARA DENGAN DOKTER ANDA

Jika Anda berada di fasilitas medis, Anda mungkin memiliki akses ke penyedia layanan kesehatan yang dapat menjawab pertanyaan Anda. Namun, jika Anda dikarantina di rumah, dan Anda khawatir tentang gejala fisik yang Anda atau orang yang Anda cintai mungkin akan terjadi, hubungi dokter Anda atau penyedia layanan kesehatan lainnya:

  1. Tanyakan kepada provider Anda apakah mungkin untuk membuat janji temu jarak jauh melalui Skype atau FaceTime untuk kesehatan mental, penggunaan narkoba, atau kebutuhan kesehatan fisik.
  2. Dalam hal dokter Anda tidak tersedia dan Anda merasa stres atau sedang dalam krisis, hubungi nomor hotline yang tercantum di akhir lembar tip ini untuk mendapatkan dukungan.

GUNAKAN CARA PRAKTIS UNTUK BERSANTAI

  1.  Santai tubuh Anda sering dengan melakukan hal-hal yang bekerja untuk Anda-mengambil napas dalam-dalam, meregangkan, bermeditasi atau berdoa, atau melakukan kegiatan yang Anda sukai.
  2. Pacu diri Anda di antara kegiatan yang menegangkan, dan lakukan sesuatu yang menyenangkan setelah tugas yang berat.
  3. Bicaralah tentang pengalaman dan perasaan Anda kepada orang-orang dan teman-teman terkasih, jika menurut Anda itu membantu.
  4. Pertahankan rasa harapan dan pemikiran positif; pertimbangkan untuk membuat jurnal di mana Anda menuliskan hal-hal yang Anda syukuri atau yang berjalan dengan baik.

SETELAH SOCIAL DISTANCING , KARANTIN, ATAU ISOLASI

Anda mungkin mengalami emosi yang campur aduk, termasuk rasa lega. Jika Anda diisolasi karena Anda menderita penyakit itu, Anda mungkin merasa sedih atau marah karena teman-teman dan orang-orang terkasih mungkin memiliki rasa takut yang tidak berdasar untuk menularkan penyakit dari kontak dengan Anda, walaupun Anda telah bertekad untuk tidak menular.

Cara terbaik untuk mengakhiri rasa takut yang umum ini adalah belajar tentang penyakit dan risiko aktual kepada orang lain. Berbagi informasi ini sering kali akan meredakan ketakutan pada orang lain dan memungkinkan Anda untuk terhubung kembali dengan mereka.

Tulisan ini diterbitkan oleh SAMSHA (2014) dan sadur ulang dengan perbaikan kondisi saat ini yang sedang terjadi di Indonesia oleh Tim Politeknik Trsila Dharma, untuk pendidikan masyarakat



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)