•  
  • Selamat Datang Di Website Politeknik Trisila Dharma Tegal
Kamis, 06 Juli 2017 - 17:50:18 WIB
Dosen Poltek Trisila Dharma Tegal Latih Perangkat Desa Kecamatan Surodadi
Diposting oleh : Herman Budiyanto
Kategori: Berita - Dibaca: 69340 kali

Dosen Poltek Trisila Dharma Tegal Latih Perangkat Desa Kecamatan Surodadi

Setelah Sukses melatih system keuangan daerah (Siskeudes) puluhan perangkat desa se Kecamatan Talang, Dosen Politeknik Trisila Dharma Tegal kembali melatih perangkat desa di Kecamatan Surdadi. Ke tiga desa tersebut antara lain Desa Purwohamba, Desa Surodadi dan Desa Sidoharjo.  

Pelatihan tersebut nantinya akan dilaksanakan secara terus menerus hingga para perangkat desa mengerti sekaligus mampu membuat laporan keuangan desa berbasis siskeudes.

Wakil Direktur I Bidang akademik Prayitno SE. MM mengatakan, pelaksanaan pelatihan yang dilakukan di kecamatan Surodadi sementara ini hanya melibatkan tiga desa. Dari desa tersebut nantinya akan dijadikan pilot project bagi desa lainnya dikecamatan Surodadi.

“Tiga desa yang saat ini kami latih, nantinya akan menularkan ilmunya ke perangkat desa lainnya. Dengan begitu, seluruh perangkat desa nantinya akan memahami sekaligus mampu mengaplikasikan dalam laporan keuangannya,” kata Prayitno saat membuka kegiatan pelatihan kemarin.

Sementara itu, Ketua Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UPPM) Teguh Hardi Raharjo MPd mengatakan, banyaknya kepala desa yang tersangkut kasus korupsi terkait penggunaan dana desa menjadi persoalan yang harus dicermati semua unsure khususnya para kepala desa.

“saya kira ini persoalan yang serius yang harus dipahami bersama. Jangan sampai hanya ketidaktahuan atau kesalahan yang tidak disengaja seorang kepala desa harus berhadapan dengan hokum,”kata Teguh.

Apalagi, lanjutnya, pemerintah melalui Kementrian Dalam Negeri sudah memerintahkan pelaporan keuangan harus menggunakan system aplikasi komputer. “Tidak hanya kementrian dalam negeri, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pun secara tegas pelaporan dana desa harus menggunakan aplikasi siskeudes,” tandas Teguh. (Humas)

 

 



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)