•  
  • Selamat Datang Di Website Politeknik Trisila Dharma Tegal
Selasa, 08 Agustus 2017 - 11:51:23 WIB
Sosialisasi UU ITE, Gunakan Media Sosial Dengan Bijak
Diposting oleh : Herman Budiyanto
Kategori: Berita - Dibaca: 664 kali


Maraknya berita bohong atau Hoax yang masih ramai akhir-akhir  ini terjadi di media sosial perlu mendapat perhatian serius dari semua kalangan. Meski sudah ada Undang-undang Nomor .11 Tahun 2008 tentang transaksi elektronik atau yang dikenal dengan UU ITE, berita -berita Hoax masih saja di temukan di media sosial.  
Munculnya berita Hoax di media seperti facebook, instagram dan lainnya telah menimbulkan gesekan di kalangan masyarakat. Tidak sedikit masyarakat yang tidak tahu dari mana sumber berita tersebut berasal menjadi korban hanya karena ikut-ikutan mempostingnya.
Melihat fenomena tersebut, dosen politeknik Trisila Dharma Tegal ikut tergerak mensosialisaikan pentingnya menggunakan media sosial dengan baik dan bijak. Pasalnya, UU ITE Tahun 2008 jelas mengatur transaksi elektronik termasuk ancaman hukumannya kepada para pengguna yang melakukan pelanggaran.
Acara sosialisasi yang dilakukan bersama Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Tegal ditujukan kepada para siswa khususnya siswa SMA dan SMK yang paling banyak menggunakan media sosial dan paling rentan terkena penyalahgunakan media sosial.
Wakil Direktur Bidang Akademik Politeknik Trisila Dharma Prayitno SE MM pada kegiatan tersebut mengatakan, hingga saat ini masih banyak masyarakat yang belum mengetahui batasan-batasan bertransaksi di media sosial. Akibatnya, meski sudah ada UU ITE tetap saja banyak kita temukan berita-berita hoax dan ujaran-ujaran kebencian.
"Melihat hal semacam ini merasa tergerak untuk menjelaskan aturan dan batasan menggunakan media sosial," kata Prayitno.
Sementara itu, Kepala Bidang Informasi Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Tegal Saeful Mizan mengatakan, siswa-siswa SMA yang sederajat paling rentan terkena hasutan berita hoax dan ujaran kebencian yang ada di media ssial. Sebab, usia remaja tergolong labih sehingga mudah terkena hasutan.
"Inilah alasan utama kami melakukan sosialisasi UU ITE untuk pelajar setingkat SMA," kata Saeful.
Saeful Berharap dengan adanya sosialisasi semacam ini maka masyarakat umum khususnya anak-anak muda mengeerti aturan dan batasan bertransaksi dan berjejaring sosial dengan baik dan bijak (Humas)
   
 



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)